KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
FAKULTAS TEKNIK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
S I L A B U S
Institusi : Universitas Negeri Makassar
Fakultas : Teknik
Jurusan : Pendidikan Teknik Elektro
Program Studi : Strata Satu (S1) Pendidikan Teknik Elektro
Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : PTE 0231C1201
SKS : 2 (dua)
Semester : Ganjil
Pertemuan : 16 kali
Nama Dosen : Drs. Alimuddin Sa’ban Miru, M.Pd
Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah yang termasuk dalam kelompok Mata Kuliah pedagogik. Mata kuliah ini membahas 8 (delapan) Kompetensi Dasar yang menguraikan secara terperinci latar belakang penulisan bahan Perencanaan Pembelajaran. Seluruh materi dalam mata kuliah ini didasarkan pada kebutuhan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan. Pokok bahasan tersebut adalah 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Dan Filsafat Belajar, 3) Kompetensi, 4) Pengembangan Silabus, 5) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 6) Pembuatan Modul, 7) Pembuatan Job Sheet, dan 8) Pembuatan Lab Sheet
Standar Kompetensi
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk membuat Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman Belajar | Materi ajar | Metode | Waktu | Media dan Sumber Belajar | Penilaian |
1. Memahami Perencanaan Pembelajaran | Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Menyebutkan Tujuan Perencanaan Proses Pembelajaran 2. Menjelaskan Perencanaan Pembelajaranberdasarkan pendekatan Sistem 3. Menjelaskan ruang lingkup Perencanaan Pembelajaran | 1. Mengkaji Tujuan Perencanaan Proses Pembelajaran 2. Mengkaji Perencanaan Pembelajaranberdasarkan pendekatan Sistem 3. Mengkaji ruang lingkup Perencanaan Pembelajaran | 1. Tujuan Perencanaan Proses Pembelajaran 2. Perencanaan Pembelajaranberdasarkan pendekatan Sistem 3. Ruang lingkup Perencanaan Pembelajaran | 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi Kelompok | 100 menit (2Xpertemuan) | Media White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3. Perencanaan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test, Tugas Mandiri |
2. Memahami ) Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) | Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Menjelaskan Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2. Menjelaskan Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 3. Menjelaskan Pembelajaran dalam konteks Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 4. Menjelaskan Filsafat Belajar Kontrukstivisme | 1. Mengkaji Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2. Mengkaji Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 3. Mengkaji Pembelajaran dalam konteks Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 4. Mengkaji Filsafat Belajar Kontrukstivisme | 1. Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2. Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 3. Pembelajaran dalam konteks Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 4. Filsafat Belajar Kontrukstivisme | 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi Kelompok | 100 menit (2Xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3. Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk 4. Kurikulum 2004. Nurhadi. | Classrom participation, Post test, Tugas Mandiri |
3. Menyusun Pengembangan Silabus | Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Merumuskan Pengertian Kompetensi 2. Membuat argumentasi alasan perlunya Kompetensi 3. Mengatur Penyusunan Kompetensi | 1. Mengkaji Pengertian Kompetensi 2. Mengkaji alasan perlunya Kompetensi 3. Mengkaji Penyusunan Kompetensi | 1. Pengertian Kompetensi 2. Alasan perlunya Kompetensi 3. Penyusunan Kompetensi | 1. Ceramah 2. Diskusi Kelompok 3. Tanya jawab | 200 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3. Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test, Tugas Mandiri |
4. Menyusun Pengemba ngan Silabus | Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Menerapkan pengertian silabus 2. Menerapkan prinsip pengembangan silabus 3. Menguraikan Komponen silabus 4. Menjelaskan mekanisme pengembangan silabus 5. Menjelaskan Langkah-langkah pengembangan silabus | 1. Menguraikan pengertian silabus 2. Menguraikan prinsip pengembangan silabus 3. Mengorganisasikan Komponen silabus 4. Mengatur mekanisme pengembangan silabus 5. Mengkaji Langkah-langkah pengembangan silabus | 1. Pengertian silabus 2. Prinsip pengembangan silabus 3. Komponen silabus 4. Mekanisme pengembangan silabus 5. Langkah-langkah pengembangan silabus | 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi Kelompok | 200 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3. Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test, portofolio, Tugas Mandiri |
5. Memahami Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) | Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Menjelaskan Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2. Menjelaskan Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3. Menjelaskan Langkah-langkah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 4. Menjelaskan Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KTSP 5. Menjelaskan Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KBK | 1. Mengkaji Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2. Mengkaji Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3. Mengkaji Langkah-langkah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 4. Mengkaji Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KTSP 5. Mengkaji Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KBK | 1. Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2. Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3. Langkah-langkah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 4. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KTSP 5. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KBK | 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi Kelompok | 100 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3. Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test, portofolio, Tugas Mandiri |
6. Meranc ang Pembuatan Modul | Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Merumuskan Pengertian Modul 2. Kaidah Penulisan Modul 3. Menulis Prosedur Penyusunan Modul 4. Merumuskan kiat menyusun Modul 5. Menyusun kerangka Modul | 1. Merumuskan Pengertian Modul 2. Mengatur Kaidah Penulisan Modul 3. Menulis Prosedur Penyusunan Modul 4. Merumuskan kiat menyusun Modul 5. Menyusun kerangka Modul | 1. Pengertian Modul 2. Kaidah Penulisan Modul 3. Prosedur Penyusunan Modul 4. Menyusun Modul 5. Kerangka Modul | 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Penugasan | 100 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3. Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test, portofolio, Tugas Mandiri |
7. Menyusun Pembuatan Job Sheet | Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Merumuskan Pengertian Job Sheet 2. Menjelaskan Fungsi Job Sheet 3. Menyusun Pembuatan Job Sheet | 1. Menulis Pengertian Job Sheet 2. Mengoperasikan Fungsi Job Sheet 3. Menyusun Pembuatan Job Sheet | 1. Pengertian Job Sheet 2. Fungsi Job Sheet 3. Pembuatan Job Sheet | 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Penugasan 4. Pembelajaran Kelompok | 200 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3. Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling | Classrom participation, Post test, portofolio, Tugas Mandiri |
8. Menyusun Pembuatan Lab Sheet | Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Merumuskan Pengertian Lab Sheet 2. Menyusun Lembaran percobaan 3. Menjelaskan Skema Penilaian | 1. Menulis Pengertian Lab Sheet 2. Menyiapkan Lembaran percobaan 3. Menjelaskan Skema Penilaian | 1. Pengertian Lab Sheet 2. Lembaran percobaan 3. Skema Penilaian | 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Penugasan Pembelajaran Kelompok | 100 menit (2xpertemuan | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Abd. Mannan, dan Alimuddin Sa’banMiru, 2. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3. Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling 4. Perencanaan Pembelajaran, Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd | Classrom participation, Tugas Mandiri Post test, portofolio |
0 komentar
Posting Komentar