KEMENTERIAN  PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
FAKULTAS TEKNIK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
S I L A B U S
Institusi                      :  Universitas Negeri  Makassar
Fakultas                     :  Teknik 
Jurusan                      :  Pendidikan Teknik Elektro
Program Studi          :  Strata Satu (S1) Pendidikan Teknik Elektro
Mata Kuliah              :  Perencanaan Pembelajaran            
Kode Mata Kuliah   :  PTE 0231C1201
SKS                             :  2 (dua)
Semester                    :  Ganjil 
Pertemuan                 :  16  kali
Nama Dosen             : Drs. Alimuddin Sa’ban Miru, M.Pd
Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah yang termasuk dalam kelompok Mata Kuliah pedagogik. Mata kuliah ini membahas  8 (delapan) Kompetensi Dasar yang menguraikan secara terperinci latar belakang penulisan bahan Perencanaan Pembelajaran. Seluruh materi dalam mata kuliah ini didasarkan pada kebutuhan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan. Pokok bahasan tersebut   adalah 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Dan Filsafat Belajar, 3) Kompetensi, 4) Pengembangan Silabus, 5) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 6) Pembuatan Modul, 7) Pembuatan Job Sheet, dan 8) Pembuatan Lab Sheet
Standar Kompetensi 
Mahasiswa memiliki  kemampuan untuk membuat Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
| Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman Belajar | Materi ajar | Metode | Waktu | Media dan Sumber Belajar | Penilaian | 
| 1.         Memahami Perencanaan Pembelajaran | Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa   diharapkan mampu : 1.         Menyebutkan Tujuan   Perencanaan   Proses Pembelajaran  2.         Menjelaskan Perencanaan Pembelajaranberdasarkan   pendekatan Sistem 3.         Menjelaskan   ruang lingkup Perencanaan   Pembelajaran | 1.        Mengkaji  Tujuan Perencanaan Proses Pembelajaran 2.        Mengkaji Perencanaan   Pembelajaranberdasarkan pendekatan Sistem 3.        Mengkaji ruang   lingkup Perencanaan   Pembelajaran | 1.        Tujuan Perencanaan Proses   Pembelajaran 2.        Perencanaan Pembelajaranberdasarkan pendekatan Sistem 3.        Ruang lingkup Perencanaan Pembelajaran | 1.    Ceramah 2.    Tanya jawab 3.    Diskusi   Kelompok  | 100 menit (2Xpertemuan) | Media White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1.         Perencanaan   Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2.         Perencanaan   Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem,  Prof. Oemar Hamalik 3.         Perencanaan   Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test, Tugas   Mandiri | 
| 2. Memahami ) Kurikulum   Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) | Setelah   mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1.       Menjelaskan Pengertian   Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan   (KTSP)  2.       Menjelaskan   Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat   Satuan Pendidikan (KTSP) 3.       Menjelaskan   Pembelajaran dalam konteks  Kurikulum   Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 4.       Menjelaskan   Filsafat Belajar Kontrukstivisme | 1.       Mengkaji Pengertian   Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan   (KTSP)  2.       Mengkaji   Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat   Satuan Pendidikan (KTSP) 3.       Mengkaji   Pembelajaran dalam konteks  Kurikulum   Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 4.       Mengkaji Filsafat   Belajar Kontrukstivisme | 1.       Pengertian   Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan   (KTSP)  2.       Karakteristik   Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan   Pendidikan (KTSP) 3.       Pembelajaran   dalam konteks  Kurikulum Berbasis   Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 4.       Filsafat   Belajar Kontrukstivisme | 1.       Ceramah 2.       Tanya jawab 3.       Diskusi   Kelompok  | 100 menit (2Xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1.         Perencanaan   Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2.         Perencanaan   Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3.         Belajar dan   Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk 4.         Kurikulum 2004. Nurhadi. | Classrom participation, Post test,   Tugas Mandiri | 
| 3. Menyusun Pengembangan Silabus | Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa   diharapkan mampu : 1.       Merumuskan Pengertian   Kompetensi 2.       Membuat   argumentasi alasan perlunya  Kompetensi 3.       Mengatur  Penyusunan Kompetensi | 1.       Mengkaji   Pengertian Kompetensi 2.       Mengkaji alasan   perlunya  Kompetensi 3.       Mengkaji  Penyusunan Kompetensi | 1.       Pengertian   Kompetensi 2.       Alasan   perlunya  Kompetensi 3.       Penyusunan   Kompetensi | 1.       Ceramah 2.       Diskusi   Kelompok  3.       Tanya jawab | 200 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1.         Perencanaan   Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2.         Perencanaan   Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3.         Belajar dan   Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test, Tugas   Mandiri | 
| 4.         Menyusun Pengemba ngan Silabus | Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa   diharapkan mampu : 1.        Menerapkan pengertian   silabus 2.        Menerapkan  prinsip pengembangan  silabus 3.        Menguraikan   Komponen silabus 4.        Menjelaskan   mekanisme pengembangan  silabus 5.        Menjelaskan   Langkah-langkah pengembangan  silabus | 1.        Menguraikan pengertian   silabus 2.        Menguraikan   prinsip pengembangan  silabus 3.        Mengorganisasikan   Komponen silabus 4.        Mengatur   mekanisme pengembangan  silabus 5.        Mengkaji   Langkah-langkah pengembangan  silabus | 1.        Pengertian   silabus 2.        Prinsip   pengembangan  silabus 3.        Komponen   silabus 4.        Mekanisme   pengembangan  silabus 5.        Langkah-langkah   pengembangan  silabus | 1.       Ceramah 2.       Tanya jawab 3.       Diskusi   Kelompok  | 200 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1.         Perencanaan   Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2.         Perencanaan   Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3.         Belajar dan   Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test,   portofolio, Tugas Mandiri | 
| 5.         Memahami Pengembangan   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) | Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa   diharapkan mampu : 1.       Menjelaskan   Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2.       Menjelaskan   Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3.       Menjelaskan   Langkah-langkah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 4.       Menjelaskan   Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KTSP 5.       Menjelaskan   Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KBK | 1.       Mengkaji  Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran   (RPP) 2.       Mengkaji  Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran   (RPP) 3.       Mengkaji  Langkah-langkah menyusun Rencana   Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 4.       Mengkaji  Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran   (RPP) menurut KTSP 5.       Mengkaji  Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran   (RPP) menurut KBK | 1.        Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran   (RPP) 2.        Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran   (RPP) 3.       Langkah-langkah   menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 4.       Format Rencana   Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KTSP 5.       Format Rencana   Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KBK | 1.      Ceramah 2.      Tanya jawab 3.      Diskusi   Kelompok  | 100 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1.         Perencanaan   Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2.         Perencanaan   Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3.         Belajar dan   Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test,   portofolio, Tugas Mandiri | 
| 6.         Meranc ang  Pembuatan Modul | Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa   diharapkan mampu : 1.         Merumuskan Pengertian   Modul 2.         Kaidah   Penulisan Modul 3.         Menulis  Prosedur Penyusunan Modul 4.         Merumuskan kiat   menyusun  Modul 5.         Menyusun   kerangka Modul | 1.         Merumuskan Pengertian   Modul 2.         Mengatur Kaidah   Penulisan Modul 3.         Menulis   Prosedur Penyusunan Modul 4.         Merumuskan  kiat menyusun  Modul 5.         Menyusun   kerangka Modul | 1.         Pengertian Modul 2.         Kaidah   Penulisan Modul 3.         Prosedur   Penyusunan Modul 4.         Menyusun  Modul 5.         Kerangka Modul | 1.      Ceramah 2.      Tanya jawab 3.      Penugasan | 100 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1.         Perencanaan   Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2.         Perencanaan   Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3.         Belajar dan   Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk | Classrom participation, Post test,   portofolio, Tugas Mandiri | 
| 7.         Menyusun Pembuatan   Job Sheet | Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa   diharapkan mampu : 1.         Merumuskan Pengertian   Job Sheet 2.         Menjelaskan   Fungsi Job Sheet 3.         Menyusun Pembuatan  Job   Sheet | 1.         Menulis Pengertian   Job Sheet 2.         Mengoperasikan   Fungsi Job Sheet 3.         Menyusun Pembuatan  Job   Sheet | 1.         Pengertian Job Sheet 2.         Fungsi Job Sheet 3.         Pembuatan  Job   Sheet | 1.      Ceramah 2.      Tanya jawab 3.      Penugasan 4.      Pembelajaran   Kelompok | 200 menit (2xpertemuan) | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1.         Perencanaan   Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk 2.         Perencanaan   Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3.         Belajar dan   Pembelajaran, Drs. Abdul Haling | Classrom participation, Post test,   portofolio, Tugas Mandiri | 
| 8.         Menyusun  Pembuatan Lab Sheet | Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa   diharapkan mampu : 1.         Merumuskan  Pengertian Lab Sheet 2.         Menyusun   Lembaran percobaan 3.         Menjelaskan   Skema Penilaian | 1.         Menulis   Pengertian Lab Sheet 2.         Menyiapkan   Lembaran percobaan 3.         Menjelaskan   Skema Penilaian | 1.         Pengertian Lab Sheet 2.         Lembaran percobaan 3.         Skema Penilaian | 1.      Ceramah 2.      Tanya jawab 3.      Penugasan Pembelajaran Kelompok | 100 menit (2xpertemuan | White board, LCD Proyektor, laptop Sumber Belajar: 1.         Perencanaan   Pembelajaran Kejuruan,  Abd.   Mannan,  dan Alimuddin Sa’banMiru,  2.         Perencanaan Pengajaran   Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik 3.         Belajar dan   Pembelajaran, Drs. Abdul Haling 4.         Perencanaan   Pembelajaran, Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd | Classrom participation,  Tugas Mandiri Post test, portofolio | 


0 komentar
Posting Komentar