SILABUS

Diposkan oleh Belajar dan Pembelajaran | 19.28 | | 0 komentar »



KEMENTERIAN  PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

FAKULTAS TEKNIK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO


S I L A B U S
Institusi                      :  Universitas Negeri  Makassar
Fakultas                     :  Teknik
Jurusan                      :  Pendidikan Teknik Elektro
Program Studi          :  Strata Satu (S1) Pendidikan Teknik Elektro
Mata Kuliah              :  Perencanaan Pembelajaran           
Kode Mata Kuliah   :  PTE 0231C1201
SKS                             :  2 (dua)
Semester                    :  Ganjil
Pertemuan                 :  16  kali
Nama Dosen             : Drs. Alimuddin Sa’ban Miru, M.Pd

Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah yang termasuk dalam kelompok Mata Kuliah pedagogik. Mata kuliah ini membahas  8 (delapan) Kompetensi Dasar yang menguraikan secara terperinci latar belakang penulisan bahan Perencanaan Pembelajaran. Seluruh materi dalam mata kuliah ini didasarkan pada kebutuhan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan. Pokok bahasan tersebut   adalah 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Dan Filsafat Belajar, 3) Kompetensi, 4) Pengembangan Silabus, 5) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 6) Pembuatan Modul, 7) Pembuatan Job Sheet, dan 8) Pembuatan Lab Sheet

Standar Kompetensi
Mahasiswa memiliki  kemampuan untuk membuat Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi ajar
Metode
Waktu
Media dan Sumber Belajar
Penilaian
1.       Memahami Perencanaan Pembelajaran
Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :
1.       Menyebutkan Tujuan Perencanaan Proses Pembelajaran
2.       Menjelaskan Perencanaan Pembelajaranberdasarkan pendekatan Sistem
3.       Menjelaskan ruang lingkup Perencanaan Pembelajaran
1.      Mengkaji  Tujuan Perencanaan Proses Pembelajaran
2.      Mengkaji Perencanaan Pembelajaranberdasarkan pendekatan Sistem
3.      Mengkaji ruang lingkup Perencanaan Pembelajaran
1.      Tujuan Perencanaan Proses Pembelajaran
2.      Perencanaan Pembelajaranberdasarkan pendekatan Sistem
3.      Ruang lingkup Perencanaan Pembelajaran
1.  Ceramah
2.  Tanya jawab
3.  Diskusi Kelompok
100 menit
(2Xpertemuan)
Media
White board, LCD Proyektor, laptop

Sumber Belajar:

1.       Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk

2.       Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem,
Prof. Oemar Hamalik
3.       Perencanaan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk
Classrom participation, Post test, Tugas Mandiri
2. Memahami ) Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :
1.     Menjelaskan Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
2.     Menjelaskan Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
3.     Menjelaskan Pembelajaran dalam konteks  Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
4.     Menjelaskan Filsafat Belajar Kontrukstivisme

1.     Mengkaji Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
2.     Mengkaji Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
3.     Mengkaji Pembelajaran dalam konteks  Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
4.     Mengkaji Filsafat Belajar Kontrukstivisme

1.     Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
2.     Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
3.     Pembelajaran dalam konteks  Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
4.     Filsafat Belajar Kontrukstivisme
1.     Ceramah
2.     Tanya jawab
3.     Diskusi Kelompok
100 menit
(2Xpertemuan)
White board, LCD Proyektor, laptop

Sumber Belajar:
1.       Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk
2.       Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik
3.       Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk




4.       Kurikulum 2004. Nurhadi.

Classrom participation, Post test, Tugas Mandiri
3. Menyusun Pengembangan Silabus
Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :
1.     Merumuskan Pengertian Kompetensi
2.     Membuat argumentasi alasan perlunya  Kompetensi
3.     Mengatur  Penyusunan Kompetensi

1.     Mengkaji Pengertian Kompetensi
2.     Mengkaji alasan perlunya  Kompetensi
3.     Mengkaji  Penyusunan Kompetensi

1.     Pengertian Kompetensi
2.     Alasan perlunya  Kompetensi
3.     Penyusunan Kompetensi

1.     Ceramah
2.     Diskusi Kelompok
3.     Tanya jawab
200 menit
(2xpertemuan)
White board, LCD Proyektor, laptop

Sumber Belajar:
1.       Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk
2.       Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik
3.       Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk

Classrom participation, Post test, Tugas Mandiri
4.       Menyusun Pengemba
ngan Silabus
Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :
1.      Menerapkan pengertian silabus
2.      Menerapkan  prinsip pengembangan  silabus
3.      Menguraikan Komponen silabus
4.      Menjelaskan mekanisme pengembangan  silabus
5.      Menjelaskan Langkah-langkah pengembangan  silabus


1.      Menguraikan pengertian silabus
2.      Menguraikan prinsip pengembangan  silabus
3.      Mengorganisasikan Komponen silabus
4.      Mengatur mekanisme pengembangan  silabus
5.      Mengkaji Langkah-langkah pengembangan  silabus


1.      Pengertian silabus
2.      Prinsip pengembangan  silabus
3.      Komponen silabus
4.      Mekanisme pengembangan  silabus
5.      Langkah-langkah pengembangan  silabus

1.     Ceramah
2.     Tanya jawab
3.     Diskusi Kelompok
200 menit
(2xpertemuan)
White board, LCD Proyektor, laptop


Sumber Belajar:
1.       Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk
2.       Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik
3.       Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk
Classrom participation, Post test, portofolio, Tugas Mandiri
5.       Memahami Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :
1.     Menjelaskan Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.     Menjelaskan Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3.     Menjelaskan Langkah-langkah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
4.     Menjelaskan Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KTSP
5.     Menjelaskan Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KBK

1.     Mengkaji  Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.     Mengkaji  Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3.     Mengkaji  Langkah-langkah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
4.     Mengkaji  Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KTSP
5.     Mengkaji  Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KBK


1.      Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.      Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3.     Langkah-langkah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
4.     Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KTSP
5.     Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut KBK
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab
3.    Diskusi Kelompok
100 menit
(2xpertemuan)
White board, LCD Proyektor, laptop

Sumber Belajar:
1.       Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk



2.       Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik
3.       Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk
Classrom participation, Post test, portofolio, Tugas Mandiri
6.       Meranc ang  Pembuatan Modul
Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :
1.       Merumuskan Pengertian Modul
2.       Kaidah Penulisan Modul
3.       Menulis  Prosedur Penyusunan Modul
4.       Merumuskan kiat menyusun  Modul
5.       Menyusun kerangka Modul

1.       Merumuskan Pengertian Modul
2.       Mengatur Kaidah Penulisan Modul
3.       Menulis Prosedur Penyusunan Modul
4.       Merumuskan  kiat menyusun  Modul
5.       Menyusun kerangka Modul


1.       Pengertian Modul
2.       Kaidah Penulisan Modul
3.       Prosedur Penyusunan Modul
4.       Menyusun  Modul
5.       Kerangka Modul

1.    Ceramah
2.    Tanya jawab
3.    Penugasan
100 menit
(2xpertemuan)
White board, LCD Proyektor, laptop

Sumber Belajar:
1.       Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk
2.       Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik
3.       Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M. Pd dkk
Classrom participation, Post test, portofolio, Tugas Mandiri
7.       Menyusun Pembuatan Job Sheet
Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :
1.       Merumuskan Pengertian Job Sheet
2.       Menjelaskan Fungsi Job Sheet
3.       Menyusun Pembuatan  Job Sheet
1.       Menulis Pengertian Job Sheet
2.       Mengoperasikan Fungsi Job Sheet
3.       Menyusun Pembuatan  Job Sheet
1.       Pengertian Job Sheet
2.       Fungsi Job Sheet
3.       Pembuatan  Job Sheet
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab
3.    Penugasan
4.    Pembelajaran Kelompok
200 menit
(2xpertemuan)
White board, LCD Proyektor, laptop

Sumber Belajar:
1.       Perencanaan Pembelajaran Kejuruan, Drs. Abd. Mannan, MA dan  Drs. Alimuddin Sa’banMiru, M.Pd, Dkk
2.       Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik
3.       Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling
Classrom participation, Post test, portofolio, Tugas Mandiri
8.       Menyusun  Pembuatan Lab Sheet
Setelah  mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :
1.       Merumuskan  Pengertian Lab Sheet
2.       Menyusun Lembaran percobaan



3.       Menjelaskan Skema Penilaian
1.       Menulis Pengertian Lab Sheet
2.       Menyiapkan Lembaran percobaan





3.       Menjelaskan Skema Penilaian
1.       Pengertian Lab Sheet
2.       Lembaran percobaan







3.       Skema Penilaian
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab









3.    Penugasan
Pembelajaran Kelompok
100 menit
(2xpertemuan
White board, LCD Proyektor, laptop

Sumber Belajar:
1.       Perencanaan Pembelajaran Kejuruan,  Abd. Mannan,  dan Alimuddin Sa’banMiru,
2.       Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Oemar Hamalik
3.       Belajar dan Pembelajaran, Drs. Abdul Haling
4.       Perencanaan Pembelajaran, Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd
Classrom participation,
Tugas Mandiri
















Post test, portofolio

0 komentar

Poskan Komentar