Institusi : Universitas Negeri Makassar
Fakultas : Teknik
Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk membuat Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP)
Kompetensi dasar :
Memahami kurikulum berbasis kompetensi (KBK) Kurikulum Tingkat Satuan (KTSP)
Indikator :
1. Menjelaskan Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
2. Menjelaskan Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
3. Menjelaskan Pembelajaran dalam konteks Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
4. Menjelaskan Filsafat Belajar Kontrukstivisme.
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit (2 x petermuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
2. Mahasiswa mampu Menjelaskan Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
3. Mahasiswa mampu Menjelaskan Pembelajaran dalam konteks Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
4. Mahasiswa mampu Menjelaskan Filsafat Belajar Kontrukstivisme.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
2. Karakteristik Utama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
3. Pembelajaran dalam konteks Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
4. Filsafat Belajar Kontruktivisme
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
D. Kegiatan Belajar Mengajar
a. Kegiatan Awal
• Salam pembukaan dan absensi
• Menggali pemahaman dasar mahasiswa mengenai pengertian kurikulum berbasis kompetensi (KBK), Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP)
• Mengarahkan mahasiswa kepada materi yang dipelajari
• Memotivasi mahasiswa untuk mempelajari materi kurikulum berbasis kompetensi (KBK), Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP)
b. Kegiatan Inti
• Menyajikan sebuah masalah yang terkait dengan materi, yaitu : perencanaan proses pembelajaran
• menjelaskan materi pokok secara tuntas
• Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya jika ada yang belum jelas
• Menanyakan kepada mahasiswa tentang materi yang dijelaskan sebelumnya.
• Memberikan evaluasi.
b.Pembentukan Kompetensi
• Mengenal dan memahami materi perencanaan pembelajaran
• Membuat kesimpulan
c. Kegiatan akhir
• Dengan berdiskusi, mahasiswa menyimpulkan dan dosen memberikan penekanan materi yang telah diberikan pada pertemuan ini.
• Memberikan tugas
E. Sumber Belajar
1. Perencanaan pembelajaran kejuruan, Drs. Abd. Mannan,MA dan Drs. Alimuddin sa’ban miru M.pd,dkk
2. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem, Prof. oemar Hamalik
3. Perencanaan pembelajaran, Drs. Abdul Haling, M.pd,dkk
F. Penilaian Hasil Belajar
4. Classroom participation
5. Post test
6. Tugas mandiri
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Diposting oleh Belajar dan Pembelajaran | 08.15 | RPP | 0 komentar »
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar
Posting Komentar