Pendekatan Sistem Dalam Kegiatan Pembelajaran

Diposting oleh Belajar dan Pembelajaran | 08.04 | | 0 komentar »


A.Pengertian Sistem
Istilah sistem meliputi spectrum konsep yang sangat luas. Sebagai missal, seorang manusia, organisasi, mobil, susunan tata surya, merupakan suatu sistem, dan masih banyak lagi. Semua contoh tersebut memiliki batasan sendiri-sendiri yang satu sama lain berbeda. Meskipun demikian terdapat persamaan dari segi prosesnya dalam hal ini terdapat masukan dan menghasilkan keluaran. Itulah sebabnya pengertian sistem tidak lain adalah suatu kesatuan unsure-unsur yang saling berinteraksi secara fungsional yang memperoleh masukan menjadi keluaran.

B.     Tujuan sistem
Setiap sistem mempunyai tujuan, tujuan ini merupakan akhir dari apa yang dikehendaki oleh suatu kegiatan. Demikian pula kegiatan instruksional memiliki tujuan tertentu. Tujuan suatu lembaga pendidikan ialah untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada yang membutuhkan. Tujuan instruksional ialah agar siswa belajar mengalami perubahan perilaku tertentu sesuai dengan tingkatan taksonomi yang telah dirumuskan terlebih dahulu.
C.    Fungsi-fungsi  Sistem
Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, diperlukan berbagai fungsi  yang beraktivitas. Misalnya seorang manusia agar dapat hidup dan menunaikan tugasnya di dalam dirinya diperlukan adanya fungsi koordinasi dan penggerak, fungsi pernapasan, fungsi perencanaan makanan, fungsi peredaran darah, fungsi pengindraan, funsi perlindungan terhadap penyakit dan berbagai bahaya, serta fungsi pembiakan dan lain-lain.
D.    Interaksi atau saling hubungan
Semua komponen dalam sistem pembelajaran haruslah saling berhubungan satu sama lain. Sebagai missal dalam proses pembelajaran disajikan penyampaian pesan melalui media OHP, maka diperlukan adanya lairan listrik untuk membantu memberikan sinar dalam jaringan OHP. Jika lairan listrik tidak berfungsi , akan menimbulkan kesulitan bagi guru dalam melangsungkan pembelajaran. Dengan dasar inilah, pendekatan sistem dalam pembelajaran memerlukan keterhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

0 komentar

Posting Komentar